Pengenalan Kepada Cryptology 2

Pengenalan Kepada Cryptology 2
Pengenalan Kepada Cryptology 2

Tujuan Kriptografi

Kriptografi menyediakan tingkat keamanan yang ditambahkan ke data selama pemrosesan, penyimpanan, dan komunikasi. Selama bertahun - tahun matematikawan dan ilmuan komputer mengembangkan serangkaian algoritma yang semakin kompleks, serangkaian algoritma ini dirancang untuk memastikan kerahasiaan, interegritas, autentikasi, dan ketidaktahuan. Selama periode yang sama, hacker dan pemerintah sama-sama mencurahkan sumber daya yang signifikan untuk merusak algoritma kriptografi tersebut. 

Sebagai tambahan terhadap menjaga kerahasiaan, kriptografi sering diminta untuk melakukan pekerjaan lain : 

  1. Kerahasiaan ( confidentatiality ) adalah layanan yang ditunjukan untuk menjaga agar pesan tidak dapat dibaca oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Di dalam kriptografi, layanan ini di realisasikan dengan menyandikan pesan menjadi chiperteks. Misalnya diberikan pesan:"Harap datang pukul 8" maka pesan disandikan menjadi "TrxC#45motyptre!%". Istilah lain yang sama dengan kerahasiaan adalah  secrecy dan Privacy
  2. Autentikasi ( authentication ) adalah layanan yang berhubungan dengan identifikasi, baik mengidentifikasi kebenaran pihak-pihak yang berkomunikasi (user authentication atau entitiy authentication). maupun mengidentifikasi sumber pesan, Dua pihak yang saling berkomunikasi harus dapat mengautentikasi satu sama lain sehingga ia dapat memastikan sumber pesan. 
  3. Integritas data (integritas data) adalah layanan yang menjamin bahwa pesan masih asli atau belum pernah dimanipulasi selama pengiriman. Di dalam kriptografi, layanan ini direalisasikan dengan menggunakan tanda tangan digital (digital signature).  

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0